2 Ormas Pemuda FKPPI-IPK Bentrok di Kuala, 1 Orang Tewas

2 Ormas Pemuda FKPPI-IPK Bentrok di Kuala, 1 Orang Tewas

topmetro.news – Bentrok antara ormas kepemudaan FKPPI dan IPK di Desa Beruam Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat kembali terjadi, Minggu (9/7/2023) sekira pukul 18.20 WIB. Akibat bentrokan tersebut menyebabkan 1 orang korban dari pihak IPK tewas.

Informasi yang Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH sampaikan melalui Kasi Humas AKP S Yudianto berdasarkan lapsik dari Kapolsek Kuala AKP Ilham SSos mengatakan bahwa korban yang tewas bernama Simson Sembiring alias Bagong (Ketua IPK merangkap Ketua PUK F.SPTI/K.SPSI Sawit Sebrang pimpinan Sejarahta Sembiring) (40) warga Dusun Sampan Getek Desa Sei Musam Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat yang mengalami luka bacok pada bagian lengan kiri dan luka bacok di kaki kiri.

Kronologis

Dari Lapsik yang disampaikan Kapolsek Kuala AKP Ilham SSos dan hasil konfirmasi melalui WhatsApp, Minggu (9/7/2029) malam, dijelaskan bahwa kronologi bentrokan kedua Ormas Kepemudaan tersebut bertepatan saat Ketua PC FKPPI 0215 Kabupaten Langkat yakni Bembeng menyelenggarakan event Motor Cross Besadi Super Gasstrack 2023 bertempat di Desa Besadi Dusun Mberlagan Kecamatan Kuala yang mana lokasi kegiatan tersebut melewati basis Ormas DPD IPK Kabupaten Langkat pimpinan Ferdianta Bangun alias Fer di Desa Beruam Kecamatan Kuala.

Dengan waktu bersamaan ormas IPK juga mengadakan kegiatan berupa pembagian Bansos dan melakukan hiburan rakyat berupa Kuda Lumping. Tepat di pinggir Jalan Raya Desa Beruam. Dan ada sebagian anggota yang menggunakan seragam Ormas IPK yang menyebabkan terjadinya konsentrasi massa lebih kurang 100 orang.

Melihat situasi tersebut pihak Kepolisian mengambil inisiatif agar memberi pengawalan kepada rombongan Ketua FKPPI Bembeng yang mau kembali usai kegiatan motor cross beserta para pembalap untuk menghindari terjadinya bentrok.

Pukul 14.00 WIB, anggota IPK dari luar Desa Beruam mulai berdatangan ke Star Play menggunakan kendaraan roda 4. Berjumlah kurang lebih 10 kendaraan.

Sekitar pukul 18.00 WIB personil kepolisian dari Polres Langkat brrkisar 50 personel siaga di acara Bansos dan Kuda Lumping. Guna mengantisipasi adanya gesekan kedua Ormas Kepemudaan.

Kemudian sekira pukul 18.35 WIB konvoi rombongan Ketua PC FKPPI 0215 Kabupaten Langkat Bembeng yang dikawal pihak kepolisian melintas di lokasi Kuda Lumping.

Bentrok 2 Ormas

“Pada saat melintas terdengar suara seperti ledakan mercon yang mengakibatkan rombongan berhenti. Para anggota FKPPI keluar dari mobil sembari membawa senjata tajam dan terjadilah bentrok antar kedua ormas tersebut.

Meski sempat pontang-panting sembari meletuskan senjata api melerai bentrok kedua Ormas Kepemudaan tersebut, pihak kepolisian berhasil meredam. Pihak kepolisian juga memerintahkan rombongan FKPPI untuk segera melanjutkan perjalanan.

Tidak lama setelah bentrok pihak kepolisian membawa satu orang yang menjadi korban dari bentrok tersebut. Menggunakan mobil jenis Carry warga yang melintas ke RS dr. Indra SpOG di Pasar 2 Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Namun, nyawa korban tidak tertolong lagi dan pihak rumah sakit menyatakan meninggal dunia.

Informasi yang dihimpun Topmetro dari sumber-sumber di TKP menyebutkan jika korban yang tewas bernama Simson Sembiring alias Bagong selain mengalami luka bacok di bagian kaki dan lengan, diduga juga mengalami luka tembak. Namun Kapolres Langkat melalui Kapolsek Kuala AKP Ilham SSos membantahnya.

“Gak ada itu. Mana ada korban yang tewas juga kena tembak. Hasil visum Rumah Sakit dr. Indra juga jelas menyebutkan jika tubuh korban yang tewas tidak ada mengalami luka tembak,” ujarnya.

Polres Langkat menjelaskan, pascabentrok antara IPK dan FKPPI di Desa Beruam Kecamatan Kuala yang menyebabkan 1 orang korban dari pihak IPK tersebut, dikhawatirkan akan menimbulkan bentrok-bentrok susulan dikemudian hari. Sehingga perlu adanya pengawasan yang lebih extra dari pihak kepolisian. Untuk mengantisipasi terjadinya bentrok yang lebih besar lagi untuk menghindari jatuhnya banyak korban dan demi kenyamanan masyarakat.

Polisi juga menyebutkan, bentrok yang terjadi Minggu (9/7/2023) tersebut kemungkinan besar terjadi karena Ormas FKPPI mengadakan kegiatan di wilayah basis Ormas IPK yang merupakan Ketua DPD IPK Kabupaten Langkat.

 

reporter | Rudy Hartono

Related posts

Leave a Comment